MANAJEMEN
>Pengertian
Manajemen
Menurut pengertian yang pertama, yakni
manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yangdiberikan oleh
para ahli.
Manajemen sebagai suatu proses,
1.Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang
melakukan aktivitas manajemen,
2.Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai
suatu ilmu pengetahuan (Science)
> Fungsi-Fungsi Manajemen
(Management Functions)Sampai saat ini,
masih belum ada consensus baik di antara praktisi maupun di antara
teoritis mengenaiapa yang menjadi fungsi-fungsi manajemen,
Planning
Berbagai batasan tentang planning dari yang
sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit.Misalnya yang sederhana saja
merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakanuntuk
mencapai suatu hasil yang diinginkan
Organizing
(organisasi) adalah dua orang atau lebih yang
bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik
atau sejumlah sasaran.
Leading
Pekerjaan leading meliputi lima kegiatan
yaitu :
•Mengambil keputusan
•Mengadakan komunikasi agar ada saling
pengertian antara manajer dan bawahan.
•Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka
bertindak.Memeilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta
memperbaiki pengetahuandan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha
mencapai tujuan yang ditetapkan.
Directing/Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi
manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran,
perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas
masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar
tertuju pada tujuan yang telahditetapkan semula.
Motivating
Motivating atau pemotivasian kegiatan
merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberianinspirasi, semangat dan
dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka relasesuai
apa yang diinginkan oleh atasan.
Coordinating
Coordinating atau pengkoordinasian merupakan
salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak
terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalanmenghubungkan,
menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja samayang
terarahdalam upaya mencapai tujuan organisasi.
Controlling
Controlling atau pengawasan, sering juga
disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemenyang berupa mengadakan
penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang
dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan
tujuan yang telah digariskansemula.
Reporting
Adalah salah satu fungsi manajemen berupa
penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan
mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi
kepada pejabat yang lebih tinggi
#Google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar